Pangeran Saudi Sedekahkan Seluruh Kekayaannya Sebesar Rp426 T

Juli 02, 2015

PANGERAN Arab Saudi Alwaleed bin Talal berjanji akan menyedekahkan seluruh harta kekayaannya sebesar $US32 miliar, atau lebih dari Rp426 triliun, untuk berbagai keperluan sosial.

Dikutip CNN, Kamis (2/7), orang terkaya ke-34 versi majalah Forbes ini menyampaikan komitmennya tersebut di bulan Ramadan tahun ini. Dia mengaku terinspirasi oleh yayasan amal milik Bill dan Melinda Gates, Gates Foundation, yang didirikan tahun 1997.

Langkah pria 60 tahun ini mendapatkan sambutan baik dari Bill Gates. “Keputusan itu adalah inspirasi bagi kita semua yang bekerja untuk kedermawanan di seluruh dunia,” kata Gates.

Pangeran Alwaleed mengatakan bahwa sedekahnya ini akan disalurkan melalui lembaga amalnya, Alwaleed Philanthropies, selama beberapa tahun ke depan.

“Sedekah ini akan digunakan untuk meningkatkan pemahaman kebudayaan, mengembangkan komunitas, memperkuat wanita, mendukung pemuda, bantuan bencana alam dan menciptakan dunia yang lebih toleran dan penuh penerimaan,” ujar keponakan mendiang Raja Abdullah ini dalam pernyataannya.

Alwaleed sendiri yang akan menjadi kepala dewan pengawas dalam penyaluran sedekah yang tanpa batas waktu itu.

Pangeran Alwaleed adalah anggota Kerajaan Saudi yang memiliki berbagai perusahaan di luar negeri, mulai dari taman hiburan Euro Disney hingga berbagai hotel seperti The Four Seasons, Fairmont dan Raffles, serta punya saham di News Corp, Citigroup, Twitter dan Apple.

Saat ini dia tengah membangun gedung di kota Laut Merah, Jeddah, yang direncanakan setinggi lebih dari satu kilometer, tertinggi di dunia.

Sebelumnya dia telah menyumbangkan total US$3,5 miliar selama lebih dari 35 tahun melalui yayasannya. Sedekah ini digunakan untuk membangun perumahan dan listrik bagi masyarakat terpencil di Saudi dan berbagai proyek kemanusiaan di seluruh dunia.

Sedekah seluruh kekayaannya kali ini akan disalurkan dalam beberapa tahun, bahkan tetap akan dijalankan jika dia sudah meninggal dunia.

Jika dia sudah tiada, kata Alwaleed, yang mengawasi penggunaan dana sedekah itu adalah putranya, Pangeran Khaled, dan putrinya, Putri Reem, yang akan menjadi presiden dan wakil presiden Alwaleed Philanthropies.

Dia juga menegaskan bahwa harta yang dia sedekahkan adalah penghasilannya di perusahaannya sendiri, terlepas dari kepemilikan sahamnya di perusahaan-perusahaan Kerajaan Saudi.

Ditanya alasan perbuatannya, dia mengatakan ini adalah kewajibannya sebagai umat Islam.

“Kedermawanan adalah tanggung jawab pribadi yang telah saya mulai sejak lebih dari tiga dekade lalu dan ini adalah bagian dari tak terpisahkan dari keyakinan Islam saya,” ujar Alwaleed. 

[Islampos]
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisemen

Recent Posts Label