Gerhana Bulan Muncul Sungguh Indah Semalam, Inilah Foto-foto dan Video Detik-detik Gerhana Bulan Semalam

ak sempat menyaksikan gerhana bulan pada Senin (8/8/2017) malam hingga selasa dini hari? Simak foto-foto dan video terbaik ini!
Ya, gerhana bulan berlangsung begitu indah memesona sepanjang senin malam (7/8/2017) sampai selasa dini hari.



Yang menarik, gerhana bulan bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia dengan mata telanjang.

Sebagian wilayah bisa menikmati, sebagian lain terhalang mendung.
Di kota Solo, Jawa Tengah, misalnya, gerhana bulan timbul tenggelam.
Kadang muncul indah memesona, lalu kemudian terselubung mendung, lalu muncul lagi ketika mendung berlalu. 
Pada hari Senin ini (7/7) akan terjadi salah satu fenomena alam yang menarik, yaitu gerhana bulan.
Untuk beberapa negara yang bisa menyaksikannya, gerhana bulan parsial dimulai pukul 11.45 pagi sampai 22.45 GMT (Greenwich Mean Time).
Puncaknya sendiri akan terjadi pada 18.20 GMT.
Tak hanya wilayah Indonesia,  gerhana bulan terlihat dari beberapa wilayah Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.
Mereka yang berada di Amerika Serikat, gerhana bulan terjadi pada pagi hari sampai sore hari, tepat saat bulan di bawah cakrawala.
Sebaliknya, di sebagian besar Asia, Indonesia, dan Australia, bulan meluncur di ujung utara gelap di Bumi.
Tepatnya pada jam-jam tengah malam pada Selasa (8 Agustus).
Di Eropa Barat, seperti dilansir dari Intisari Online, gerhana bulan terlihat pada Senin malam dengan sisa-sisa umbra terakhir di tungkai barat bulan (Spanyol bagian timur, sebagian besar wilayah Prancis, dan Swedia tengah dan selatan).
Negara yang bisa melihat gerhana bulan sepenuhnya adalah Spanyol bagian barat, Portugal, Inggris, dan Norwegia.
Ketika proses gerhana mencapai maksimum, bulan akan terendam dalam bayangan gelap Bumi.
Gerhana bisa dinikmati dengan mata telanjang.
Mereka yang tak puas lalu mengandalkan teropong atau teleskop.
Sementara yang tak punya teleskop, melihatnya dengan jelas antara pukul 17.22 sampai 19.18 UTC (Coordinated Universal Time).
Menarik untuk dicatat bahwa gerhana bulan yang terjadi Senin malam hingga selasa dini hari adalah bayangan  cermin gerhana matahari yang akan terjadi pada 21 Agustus mendatang.
Amerika Utara tidak akan melihat gerhana bulan, tapi mereka akan berada dalam posisi paling bagus untuk melihat gerhana matahari total atau sebagian besar gerhana matahari.
Pantauan TribunStyle.com, netizen atau warganet ramai-ramai posting foto-foto hasil bidikan terindahnya lewat Instagram.
Sebagian posting video gerhana bulan.
Jadi bagi Anda yang tak sempat menyaksikan gerhana bulan semalam, inilah hasil bidikan netizen seluruh Indonesia.
"Subhanallah. Maka perihal apalagi yang kita besarkan kecuali dari-Nya dan ketika takbir berkumandang mengiringi tanda tanda kebesaran-Nya. Allahu Akbar, Allah Maha Besar. Maha Besar Allah dengan segala ciptaan dan seluruh isi-Nya . Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan -QS. Ar Rahman 55 : 29 . #gerhana #gerhanabulan #gerhanabulan2017 #lunarepic #lunareclipse #lunareclipse2017"  ---- ( Instagram @anyaaang )
Itulah ungkapan rasa syukur pemilik akun Instagram @anyaaang karena bisa menyaksikan  kebesaran Allah SWT lewat pesona gerhana bulan. 
And of His signs are the night and day and the sun and moon. Do not prostrate to the sun or to the moon, but prostate to Allah, who created them, if it should be Him that you worship. (QS. Fussilat : 37) . . Credit: @muhammadnuralrasyid @adnanbegal0persen #gerhana #gerhanabulan #gerhanabulan2017 #gerhanabulanparsial   -- (Instagram @musahidayat )
Pemilik akun Instagram @musahidayat mengingatkan, pesona gerhana bulan harusnya menjadi pengingat betapa jauh lebih maha memesona Allah SWT, sang pencipta gerhana bulan.
 Fase puncak gerhana bulan sebagian sudah mulai nampak menjelang pukul 01:20an. Waktu dan tempat Bandung Selatan. #gerhana #gerhanabulan #gerhanabulan2017 From @mahasiswamuslim @dalam_renunganku #dalamrenunganku  (Instagram @dalam_renunganku ) 
Mungkin video ini cukup panjang durasinya.
Tapi kemampun Instagram menampungnya terbatas. 
Allahuakbar... Allahuakbar... Allahuakbar... Laillahaillahuallahuakbar Allahuakbar walila hilham #gerhanabulan2017  (Instagram @Sinthyadewi) 
Fase puncak gerhana bulan sebagian sudah mulai nampak menjelang pukul 01:20an. Waktu dan tempat Bandung Selatan. @nasa @nasagoddard @iss @instagram #gerhana #gerhanabulan #gerhanabulan2017
loading...
close
close